Pages

22 Masalah Koneksi GPRS, MMS dan WAP

Masalah koneksi ponsel dengan GPRS, MMS dan WAP lumayan banyak. Tidak gampang mendeteksinya. coba simak beragam masalah tersebut dan solusinya.

I. Terputus saat download file, dengan posan file corrupted.
Sebab : Operator menggunakan non dedicated bandwidth atau pencampuran jalur data dan suara. Akibatnya sering pada saat sibuk jalur GPRS juga diambil untuk menambah bandwidth voice. Nah, saat browsing atau download tiba-tiba berhenti (disconnect/reconnect)
Saran : Ulangi lagi proses download, atau hindari peak time

2. Halaman (page) tidak tersambung, dengan pesan page not found
Sebab : Page memang tidak ada, link tidak valid, WAP gate¬way operator tidak dapat menerima URL yang dimasukkan, atau browser di ponsel tidak mendukung fungsi redi¬rection.
Saran : Jika halaman tersebut ada, maka coba gunakan ope¬rator lain, jika masih tidak bisa maka kemungkinan memang masalah berada pada ponsel Anda.

3. Tidak dapat mengirim, menerima, atau mendownload
Sebab : Setting GPRS Anda belum tepat
Saran : Cek apakah ponsel anda kompatibel dengan GPRS, cek kembali konfigurasi ponsel. Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan ulangi konfigu¬rasi GPRS.

4. Gagal mengakses WAP, dengan pesan CSO Connection Failure
Sebab : Tidak ada kanal yang tersedia pada jaringan karena telah terpakai seluruhnya, atau setting WAP pada ponsel tidak tepat
Saran : Periksa setting pada ponsel. Jika ponsel Anda menyimpan 'cache', lakukan clear cache atau pilih retry, kemudian tunggu beberapa saat sebelum mencoba akses WAP lagi.

5. Gagal mengakses WAP, dengan pesan Bearer not available.
Sebab : Tidak ada kanal yang tersedia pada jaringan karena telah terpakai seluruhnya, atau setting 'data bearer' tidak tepat (seharusnya GSM Data / CSD / ISDN)
Saran : Lakukan clear cache atau pilih retry, kemudian tunggu beberapa saat sebelum mencoba akses WAP lagi.

6. Gagal mengakses WAP, dengan pesan Check service setting atau Network not responding
Sebab : Kesalahan pada waktu setting WAP, atau gagal koneksi pada saat mencoba panggilan WAP.
Saran : Lakukan clear cache, tunggu beberapa saat sebelum mencoba akses WAP. Pada ponsel Nokia, pilih 'Menu', 'Services', 'Clear the cache'.

7. Gagal mengakses WAP, dangan pesan Connection time out
Sebab : Setting connection time out terlalu singkat, atau ada banyak pengguna yang mengakses WAP di area ter¬sebut pada waktu yang bersamaan.
Saran : Ubah setting connec¬tion time out, dengan waktu yang lebih panjang.

8. Gagal mengafcses WAP, dengan pesan Communication error
Sebab : Jaringan tidak stabil, terputus saat melakukan koneksi, seluruh kanal terpakai atau tidak ada coverage.
Saran : Lakukan clear cache atau pilih 'retry', kemudian tunggu beberapa saat.

9. MMS yang dikirim tidak bisa diterima pelanggan lain
Sebab : Ponsel penerima t menyediakan fasilitas MMS, ukuran file tidak sesuai deng spesifikasi ponsel
Saran : Cek ponsel penerima MMS, apakah kompatibel dengan MMS dan menggunakan operator yang sudah mempunyai fasilitas tersebut. Cek juga ukuran MMS yang dikirim apakah sesuai dengan kapasitas yang disediakan operator atau sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh ponsel tersebut. Beberapa ponsel memlliki ukuran maksimum MMS 50 kb sampai 80 Kb

10. Tidak ada pemberitahuan bahwa koneksi GPRS kita berhasil
Sebab : Setting GPRS belum tepat, atau koneksi GPRS anda, mungkin koneksi sudah ada namun indikator tidak terlihat
Saran : Cek setting GPRS. Ponsel Nokia memang tidak ada indikator koneksi, koneksi yang sukses hanya akan tampil jika kita berhasil mengirim atau menerima MMS. Untuk ponsel Sony Ericsson, akan tampil segitiga hitam di bawah indi¬kator sinyal (sebelah kiri layar) jika koneksinya berhasil. Se-dangkan untuk Motorola akan ada kotak yang bertuliskan 'G' di tengah layar. Dan ponsel Siemens menampilkan 'GPRS' pada layar atas.

11. Ada symbol GPRS aktif, tapi layanannya tidak berhasil
Sebab : Jaringan yang mendukung GPRS belum ada
Saran : Coba lakukan cross check dengan menggunakan operator lain yang sudah menyediakan layanan GPRS di area tersebut. Jika ternyata bisa berarti masalah terletak pada operator yang digunakan. Layanan GPRS dibangun di atas sistem GSM, jika di daerah kita untuk sementara tidak ada sinyal maka kita tidak bisa menggunakan layanan GPRS

12. Symbol GPRS aktif, tapi layanannya tidak berhasil
Sebab : Setting belum tepat, atau situs yang diakses ber-masalah
Saran : Cek setting ponsel, mungkin set up-nya masih belum tepat. Jika situs internet yang dicoba tidak dapat diload, ada kemungkinan browser atau server di mana 'web page' tersebut berada sedang down. Pertama cek akses Anda ke situs lain, jika ternyata bisa, berarti situs yang sebelumnya memang bermasalah.

13. GPRS tidak dapat digunakan di negara lain
Sebab : Tidak ada koneksi / kerja sama layanan GPRS antar operator
Saran : Roaming pada GPRS tidak sama dengan roaming pada komunikasi suara. Se-dangkan untuk layanan GPRS konsep teknologi yang diguna¬kan dapat berbeda satu dengan yang lainnya. Sebaik¬nya cek terlebih dahulu fasilitas operator yang digunakan dan juga jangan lupa account Anda, apakah nantinya dapat meng¬gunakan layanan GPRS di negara tujuan.

14. Besar ukuran MMS melebihi kapasitas
Sebab : Perbedaan ukuran maksimum file antar ponsel
Saran : Setiap MMS yang terkirim mempunyai ukuran maksimum pengiriman. Ada batas maksimum pengiriman sampai 100 Kb, namun ada juga yang hanya 50 kb. Oleh karena itu cek terlebih dahulu kapasitas ponsel yang kita miliki jika MMS tidak dapat terkirim.

15. MMS yaiig terklrlm hanya diterima dalam bentuk SMS
Sebab : Ponsel penerima tidak memiliki fasilitas MMS
Saran : Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan karena ponsel orang yang dituju tidak memiliki fasilitas MMS, sehingga MMS yang terkirim akan diterima dalam bentuk SMS yang menunjukkan alamat situs di mana si penerima dapat mengakses pesan tersebut.

16. Koneksi internet atau proses pengiriman antar ponsel lambat
Sebab : Kecepatan transfer data rendah, kelas GPRS rendah, atau perbedaan kelas GPRS antar ponsel
Saran : Lakukan reconnect di luar peak time. Kelas GPRS ponsel yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan transfer data, se-makin tinggi kelas GPRS yang digunakan maka semakin cepat transfer data.

17. Setting GPRS sudah sesuai dengan aturan dan coverage jaringan sudah baik, namun koneksi belum dapat dilakukan
Sebab : Kesalahan karakter pengetikan
Saran : Cek kembali setting-an GPRS, karakter dan spas! yang digunakan harus sesuai. Perbedaan penggunaan spasi sangat berpengaruh dengan keberhasilan koneksi Anda. Perhatikan setting, jika tidak ada aturan pengetikan (spasi), maka jangan diberi spasi kare¬na ini sangat berpengaruh.

18. Aktifasi GPRS dan MMS tidak berhasil pada operator Telkomsel
Sebab : Nomor kartu yang di¬masukkan tidak sesuai dengan SIM Card
Saran : Periksa kembali nomor kartu yang dimasukkan. Nomor yang dimasukkan adalah nomor yang tertera di belakang SIM Card, bukan nomor telepon Anda.

19. Ponsel Anda tidak dapat menerima MMS
Sebab : Memory ponsel sudah penuh
Saran : Sebaiknya secara rutin cek memory ponsel apakah masih tersisa atau tidak. Jika masih tersisa dalam orde ratusan seharusnya masih bisa menerima sekitar satu atau dua MMS.

20. Setting sudah tepat tapi belum mendapat konfirmasi
Sebab : Kartu GSM belum teraktivasi
Saran : Setelah pararnater-parameter MMS dan GPRS dimasukkan, kartu GSM sama sekali belum pemah digunakan ber MMS dan GPRSnya belum pemah diakOfkan, untuk pemakaian pertama kali hams meminta operator mengaktif-kan MMS dan GPRS.

21. Tidak bisa setting MMS via OTA (over the air)
Sebab : Operator belum menset konfigurasi jenis ponsel Anda
Saran : Coba saja lakukan setting secara manual Proses setting MMS tidak hanya bisa dilakukan secara manual saja akan tetapi dapat juga dengan bantuan operator yang sering disebut dengan OTA (Over The Air). Cara OTA ini hanya bisa dilakukan sete-lah kartu diaktifkan MMS dan GPRS-nya.

22. Setting, aktivasi dan tipe ponsel sudah tepat, namun belum bisa koneksi
Sebab : Mungkin ada masalah pada ponsel
Saran : Kalau masih belum bisa juga, berarti ada masalah dengan ponsel anda. Komplain saja ke toko tempat Anda membeli ponsel. Kemungkinan lain ada error dan sisi software, yang memerlukan install iHang softwarenya atau flash. EH

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.