Pages

Kiat Kuat Pilih Hape Second

Sehabis hari Raya, pasti kan saudara-saudara kita ngasih angpau, full dong kocek. Terus buat yang kerja, abis dapet THR plus bonus akhir tahun lagi. Pasti deh dompet tebel kayak tumpukan lemak. Kayaknya bisa dimaafin kalo kita sekali-kali ngemanjain diri sendiri. Ngapain ya? Ke salon? Udah rutin tiap bulan. Ke café, wah itu udah agenda weekend bareng temen-temen tiap minggunya.

Nah, itu aja! Kita ganti hape lama kita dengan yang baru! Apalagi hape kita udah nggak ganti-ganti sejak tahun 2000. Batere udah setengah hari, layar udah kedap kedip, terus udah jatuh kemana-mana sampai suara ringtone nya nggak gitu kenceng lagi.

But wait! Sebelum nyerbu pusat hape yang ada di kota kamu, lihat dulu cara-cara praktis biar nggak kebingungan pas sampe di depan counter.

Beli baru? Tukar Tambah? Kalo dasarnya harga hape kita udah nggak memungkinkan untuk ditukar tambah dengan yang baru, atau hape kita cuma dihargain 2 kali voucher isi ulang 100.000 –an, he he he, mendingan kita hibahin aja buat adik, ponakan, atau sodara kita yang belum pernah ngerasain punya hape. Ditanggung dia bakal ngomong ‘makasih, makasih, makasih, dari nerima sampe nganterin pulang ke depan pagar rumah. (kalo rumahnya punya pagar). Atau kalo masih layak jual, kita tanya saja kisaran harga uang yang bakal ditambahin untuk dapet hape inceran kita. Kalo kira-kira masuk akal, trus nambahinnya nggak banyak-banyak banget, boleh deh diterusin transaksinya. Tapi yang pertama kali harus diperhatikan , soal kocek, man. Umpamanya gini, dana yang ada di kantong kita ada Rp. 1.5 juta. Nah, kita cari hape yang harganya di bawah Rp. 1.5 juta. Maksudnya biar ada sisa sedikit buat beli aksesoris atau voucher isi ulang. Malu kan hape baru tapi cuma bisa nerima doang dan nggak bisa nelpon-nelpon orang. Hape yang harganya di bawah 1.5 jutaan biasanya dibilang hape low end. Jadi harus cukup puas dengan fitur yang ditawarkan oleh hape ini. Yang penting bisa buat panggilan keluar masuk dan SMS aja. Kalo layar warna kayaknya udah banyak hape low end yang punya layar warna. Cari aja yang kayak gitu, macam motorola C350 dan Nokia 3530.

Cek Fitur
Kalo punya uang lumayan banyak, kita bisa cari yang fiturnya rada komplet. Taruhlah di Bank kita punya simpanan uang sebanyak Rp.3.000.000. Dengan jumlah segitu, bisa cari hape yang udah ada kamera digitalnya. Mau yang built in atau attachment (optional) tinggal pilih aja mana yang lebih disuka. Yang GPRS dan MMS juga udah ada. Biar bisa browsing internet dan ngecek email kapan saja kita mau. Kalo hobinya motret-motret, mendingan beli yang model gini. Sayang kalo kita beli hape yang mahal-mahal karena bentuk atau desainnya saja, tetapi fitur yang dibenamkan di dalamnya nggak bagus-bagus amat. Contohnya, hape lama kita bisa ditukar tambah dengan Nokia 3650 atau T610 dari Sony Ericsson. Tergantung kamu mau pilih yang mana, yang jelas semuanya bagus kok. Bedanya hanya 3650 bisa video streaming dan ada slot memori tambahan, sedangkan T610 nggak ada. Tapi T610 bisa dipake buat karaoke, jadi kalo hobi nyanyi, nggak rugi banget tuh beli T610. Juga ada Philips 530, hape DJ yang kameranya udah langsung dibundel pada paket pembelian. Tinggal colokin di bawahnya, tinggal jeprat – jepret, kirim deh via MMS. Harganya juga cuma sekitar Rp.2.5 jutaan kok.

Batere
Beli hape baru, batere juga harus dilihat. Ada yang lithium ion, lithium polymer dan biasa yang NiMh. Kalo kira-kira kamu nggak tau cara pengecasan hape, kudu nanya sama yang jual. Bisa dicas semau-mau kita, atau harus tunggu sampai batere hape kita benar-benar kosong. Biasanya yang lithium ion gitu, rada bandel karena itu bisa diisi kapan saja kita mau. Udah gitu kalo kamu tipenya nggak mau susah, beli batere cadangan 1 lagi. Gunanya kalo emang males bawa charger, bisa langsung tuker batere yang baru saat batere pertama udah loyo.

Install aplikasi, perlu nggak?
Kalo masih ada sisa uang di kantong, bisa lihat hape yang baru dibeli tadi. Hape yang baru ini punya kemampuan Java atau nggak? Biasanya yang sudah layar warna dan bermerek Nokia, Siemens, Samsung dan Sony Ericsson sudah bisa diinstall bermacam aplikasi, seperti games, ringtone, atau software lain. Mumpung belum sampai rumah, datengin aja counter – counter tempat install software yang ada di sana. Dengan harga 5000 untuk ringtone monofonik dan Rp.10.000-Rp.15.000 untuk yang poly, koleksi ringtone kita bisa ditambah dengan ringtone favorit atau ringtone kenangan sama pacar. Plus kalo mau game, tinggal download juga. Biasanya harga software game itu berkisar antara Rp.30.000 an.

Garansi nggak nih?
Nggak ada gading yang nggak retak. Percaya deh, bukan sulap bukan sihir, mau hape yang harganya udah mahal kayak DP mobil juga tetap aja bisa ‘error’ kalo emang quality control di sana agak lengah. Yang paling nyakitin, kalo udah beli hape mahal-mahal, disayang-sayang, udah hati-hati makenya, trus nggak pernah jatoh pisan, nggak ada angin nggak ada hujan tiba-tiba bleb! Mati total. Hu hu hu, serasa ingin mati saja nggak sih? Nah, di sini pentingnya garansi. Garansi juga jangan sembarang garansi, kalo ditawarin garansi toko jangan mau. Harus dari distributor langsung. Biar kata harganya lebih murah Rp 300 ribu, tetap aja kalo rusak terus harus cari hardware sendiri dengan harga Rp 500.000 kan sama juga boong. Biarpun harga garansi lebih mahal sedikit daripada hape BM alias Black Market, nggak masyaalah. Yang penting segala kekhawatiran kita hilang, sirna, pergi tertiup angin. Ceilee..

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.