Pages

LCD N70 Mati Masih Bisa Diperbaiki

Blank adalah kondisi di mana dimana layar hape tidak terdapat tampilan sama sekali. Atau hanya lampu saja yang menyala. LCD hape blank bukan hal yang aneh, karena ini merupakan kasus yang sangat sering terjadi pada setiap hape. Bagaimana cara perbaikannya?

Mungkin bagi yang belum berpengalaman dalam service akan bingung dimana arah dan langkah yang harus dikerjakan karena setiap hape mempunyai bagan yang berbeda. Untuk itu kita akan mengupas kasus ini. Akan tetapi sebelum kita melangkah lebih lanjut dalam memperbaikinya, kita akan mengetahui alur proses dan prosedur.

Blank disebabkan oleh kerusakan LCD atau kerusakan di jalur LCD bisa dikarenakan terputus jalur arus. Ini bisa disebabkan oleh korosi sisa air yang mengendap dan membentuk karat sehingga menghalangi gerak arus yang menuju LCD. Bisa juga karena kerusakan komponen akibat faktor usia komponen yang sudah tua, sehingga rentan terhadap kerusakan. Blank bisa juga karena terdapat kaki komponen yang kurang tersolder dengan baik atau retak, sehingga membuat beberapa jalur yang menuju LCD tidak bekerja.

Blank dibagi 2 jenis. Kita mesti mengetahui dulu ciri-ciri masalahnya. Masing-masing punya solusi dan cara perbaikan yang berbeda walaupun jenis masalahnya hampir mirip. Soalnya kalau salah penangangan, hape kita bukannya jadi bener, tapi malah bertambah fatal.

1. Blank bisa dimatikan melalui on-off
Pastikan bahwa hape tersebut bisa menerima panggilan atau telepon ke operator. Jika tidak bisa, ada kemungkinan hape tersebut tidak ada signal. Hape ini harus bisa dimatikan dengan menekan tombol on/off. Bukan dengan mencabut batere.

2. Blank di mana untuk mematikan hape harus mencabut batere.
Jika hape tersebut tidak dapat dimatikan dengan menekan tombol on/off bisa dikatakan bahwa rangkaian LCD tidak bermasalah, tetapi hape tersebut dimasukan dalam kategori hang, bukan blank.

Di sini kita sampaikan langkah-langkah perbaikan untuk hape Nokia N70 yang layarnya blank.

1. Buka casing hape dan cek apakah conektor LCD sudah terkoneksi dengan baik. Caranya cukup dilepas soket LCD, bersihkan dengan sikat gigi dan cairan pembersih.(IPA). Kemudian pasang kembali. Blank bisa jadi karena kurang konek saja antara soket dengan LCD.

2. Kalau langkah 1 masih bermasalah, coba tes dengan LCD yang lain. Jika hanya untuk tes kita bisa gunakan LCD type WD2 (6600,7610, N-Gage). Mungkin bisa disebabkan oleh LCD yang mengalami kerusakan. Sebaiknya tes dengan LCD lain sebelum mengambil langkah penggantian atau pembelian LCD baru.

3. Solder ulang kaki konektor LCD agar mudah tersolder. Gunakan cairan siong sedikit pada kaki konektor, karena bisa saja terjadi kurang tersolder atau terputus pada kaki konektor. Biasanya ini terjadi karena benturan keras (jatuh) dan penyolderan harus dilakukan dengan teliti karena jarak kaki 1 dan kaki 2 sangat rapat sekali. Tidak boleh terjadi menyatunya kaki-kaki konektor tersebut oleh timah karena akan menimbulkan korslet.

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas dan masih mengalami masalah blank, maka perhatikan rangkaian di bawah ini. Komponen dibawah ini merupakan komponen yang sangat berpengaruh pada masalah blank ponsel Nokia N70.

Keterangan : L : Lilitan adalah komponen pasif yang berfungsi untuk mebentuk arus yang diinginkan.
C : Condensator adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik ataupun frekuensi agar supply arus menjadi lebih stabil dan konstan.
X : Conektor LCD adalah media penghubung antara jalur 1 ke jalur yang lainnya antara benda 1 ke benda yang lain.
Z : Driver/ Emif Filter (sering dibilang IC LCD) adalah sebagai pengontrol pengelompokan cairan liquid agar berpungsi sesuai dengan perintah data dan besaran arus yang dikeluarkan oleh perintah software (program).
OMA : Processor (CPU) adalah sebagai media perintah yang memproses untuk ditampilkan berdasarkan program sesuai dengan keinginan brainware (manusia), Jika kita perhatikan rangkaian ini maka cara kerja tampilan LCD akan mempunyai 3 titik berat. Yang harus kita perhatikan di antaranya adalah Konektor LCD, Driver LCD dan OMAP. Mana yang lebih dahulu kita kerjakan? Jawabannya adalah mana komponen yang resikonya lebih ringan.

Langkah yang harus dilakukan sebagai berikut. 1. Cek konektor LCD dan disolser ulang dengan solder manual yang panas dan tajam. Bila perlu diganti karena kerusakan ini tidak membuat hape menjadi mati total. Jika terjadi kerusakan parah maka hape tersebut tetap bisa menjalankan fungsi lainnya, hanya saja tidak ada tampilan di layar. Gambar dan lokasi:

2. Cek driver LCD (sebagai pengontrol pengatur tegangan ke LCD). Bisa jadi driver ini unsolder atau bahkan sudah rusak. Solusinya coba reblow dengan solder uap dan digoyang sedikit agar lebih yakin bahwa kakinya sudah terkoneksi dengan baik. Jika tetap tidak bisa, coba dicetak ulang kaki IC tersebut. Jika tetap tidak bisa juga, diganti saja IC ini. Separah apapun kerusakan pada komponen ini tidak akan membuat hape menjadi mati total dan tetap dapat menjalankan pungsi lainya. Seperti telpon,terima panggilan, hanya tidak ada tampilan saja. Gambar dan lokasi IC untuk tampilan LCD.

3. Cek kondisi OC OMAP. Tetapi yang jelas kerusakan bukan pada IC-nya. Biasanya kerusakan terjadi pada kaki-kaki IC tersebut. Mungkin saja ada salah satu kaki IC tersebut mengalami unsolder atau putus. Solusinya kita harus memanaskan IC ini. Untuk yang belum terbiasa memanaskan IC ini lebih baik minta bantuan kepada rekanan atau pembimbing yang sudah berpengalaman. Karena IC ini tergolong sangat sensitif dan mudah rusak jika terlalu panas. Untuk kerusakan komponen ini jika salah dalam pengerjaaan maka akan berakibat sangat fatal dan bisa mengakibatkan mati total.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.