Pages

Melindungi Data di Ponsel Java

Ada cara baru melindungi file-file penting dan sensitif di ponsel berbasis J2ME / Java MIDP 2.0. tentunya lebih mudah dan tanpa dibatasi Application Programming Interface (API) khusus, yang memang kebanyakan jadi kendala di ponsel-ponsel jenis ini.

Masalah lainnya, aplikasi yang beredar umumnya hanya dibuat untuk tipe dan merek tertentu. Sekarang, beberapa pengembang aplikasi berbasis Java membuat aplikasi sekuriti yang kompatibel untuk sebagian besar ponsel Java. Sehingga bisa digunakan di sebagian besar ponsel.

Di situs internet penyedia layanan download aplikasi, beberapa diantaranya sudah bisa dijajal dan bahkan ada yang menawarkannya gratis alias freeware. Contohnya, aplikasi FileHide dan Lock. Untuk mencobanya, ikuti langkah berikut:

FileHide
Aplikasi gratisan ini bisa didapatkan dari sini(http://getjar.com/products/15083/FileHide) atau disini (http://www.medoho.com/download/FileHide.zip) atau bisa juga dengan mendownloadnya langsung ke ponsel. Ketik wap.getjar.com > Quick Download > Masukkan kode 28093. Bila sudah, ekstraksi dan install file .jar-nya ke ponsel.
1. Setelah terinstall, akan mendapatkan ikon unik serupa kunci gembok di folder aplikasi / installation. Klik dan mulai operasikan aplikasi sekuriti ini.
2. Sebagai permulaan, diminta mengisikan kata kunci alias password untuk mengoperasikan aplikasi ini.
3. Setelah tersimpan, masukkan kembali kata kuncinya > OK. Berikutnya, diminta menyetujui aplikasi ini untuk membaca data-data yang ada di ponsel > Yes.

4. Bila proses membaca data berhasil, maka tampilan berikutnya menunjukkan drive lokasi penyimpanan file ponsel. Ada phone memory, Drive C:, Memory card dan Drive: E. Pilih lokasi penyimpanan file yang ingin proteksi. Misalnya, foto/video yang ada di memori ponsel.
5. Setelah filenya ditemukan, pilih ‘Go’. Proses proteksi akan otomatis menyembunyikan file tadi. Jika ingin kembali menampilkannya tinggal melakukan proses yang sama ketika akan memproteksinya.

Locker
Alternatif lain untuk melindungi file di ponsel java, bisa mencoba aplikasi ‘Locker’. Aplikasi ini sedikit lebih rumit ketimbang ‘FileHide’. Pasalnya, untuk proses proteksi dan mengembalikannya ke semula menggunakan dua metode yang berbeda. Tahapannya sebagai berikut:
1. Download aplikasi ini dari sini,(http://www.getjar.com/products/3279/Locker) atau bisa juga langsung dari browser ponsel dengan mengetikkan wap.getjar.com>Quick Download>Masukkan kode 4052. aplikasi pun akan langsung terinstal ke ponsel.
2. Di aplikasi ini, tak langsung diminta mengisikan password, karena defaultnya telah disediakan. Namun, sebaiknya lakukan pengaturan kode ini, login>set password, kosongkan ‘Old password’ dan isikan password baru beserta konfirmasinya.
3. Untuk mulai mengunci file penting , tinggal pilih ‘Lock/Encrypt’>Yes, untuk mengijinkan aplikasi membaca data.
4. Berikutnya, akan mendapatkan folder penyimpanan data ponsel maupun kartu memori. Tentukan folder penyimpanan file, dan sorot file yang ingin diproteksi>Lock, file pun akan hilang dari galeri.
5. Untuk mengembalikannya ke semula, harus kembali ke menu utama. Pilih Unlock/Decrypt>Drive penyimpanan, sorot filenya>unlock, file pun kembali pada posisi awal. Yakni, bisa muncul di menu galeri.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.