Pages

Awasi Pasangan anda



Hai! Kembali lagi tim review nitnotmonile mengupas satu aplikasi cantik dan canggih untuk android. Kenapa android? karena gadget ini tak ada matinya. Everything can apply in this gadget. Halah....kek ngarti inggris aja luh!

Merebaknya kejahatan di tahun-tahun belakangan ini tentunya membuat banyak pihak kelimpungan setengah mati. Perkosaan, penganiayaan, penculikan, penyekapan sampai pembunuhan yang kita tidak tahu lokasi mereka dimana dan segang dalam urusan apa. Maka itulah diperlukan aplikasi monitoring ini, sehingga kedepannya diharapkan kita akan mampu mengetahui secara pasti apa yang terjadi dengan pasangan atau keluarga kita. Aplikasi ini juga akan memberikan laporan secara berkala, karena digerakkan dengan sistem GPS, sehinggakita tidak usah bingung-bingung lagi untuk mencari keberadaan pasangan/keluarga kita.

Family by Sygic
Aplikasi keren yang dirancang oleh pengembang Sygic (pengembang yang biasa berkutat untuk GPS) yang diperuntukkan sebagai pememonitor posisi keluarga kita, khususnya anak-anak. Jangan-jangan izinnya aja mau sekolah. Tapi ditengah jalan nyasar ke tempat lain (inget momen jaman SMP.....XD). Jadi posisi mereka akan selalu termonitor dengan jelas. Dan yang pasti,.......aplikasi satu ini juga bermanfaat buat memonitor posisi pasangan kita. Jangan-jangan bilangnya masih lembur di kantor. Gak tahunya?......Hmmm pikirin sendiri ya.


Dalam penggunaannya sangat mudah. Yakni tinggal download dari Google Play dengan besaran 6.3Mb dan saat terinstall hanya membengkak jadi 4.9Mb. Enteng kan?

Pada saat awal pemakaian, user diminta untuk register dengan memasukkan email beserta password. Password ini bukan password email, melainkan password untuk aplikasi ini. Disini ada perbedaan dalam install sebagai parent maupun sebagai child nya. Sebagai parent, maka kita diwajibkan mengikuti prosedur registrasi hingga selesai, yakni setelah memasukkan email dan password, kita tunggu verified email masuk ke inbok kita, selanjutnya klik resend di bagian bawahnya. Family by Sygic langsung bisa dipakai. Titik biru yang berkedip-kedip serta lingkaran kebiruan adalah area kita berada.

Menambah anggota
Untuk menambah info posisi keluarga/pasangan kita, langkah selanjutnya adalah menekan tombol merah diarea bagian bawah (lihat gb). Atur nama, photo profil, email dan no telp. Selanjutnya pilih apakah sebagai administrator atau sebagai child. Hal ini tentunya berlaku untuk akses ke aplikasi tersebut.


Setelah masing-masing smartphone tersebut telah terinstall aplikasi ini, maka kita akan bisa tahu lokasi masing-masing berdasarkan profil yang muncul di maps. Dan lokasi ini akan terupdate secara otomatis mengikuti peraturan yang kita buat, dengan rentang waktu dari 5 menit sampai 1 jam. Untuk pengaturan ini, klik tombol roda gigi dibagian bawah kanan. Bahkan disini juga ada option untuk menghilangkan posisi kita. Agar tidak diketahui family lain. Tapi, nampaknya fitur ini hanya muncul untuk administrator.

Fitur yang nggak kalah keren selanjutnya adalah sarana messaging. Klik menu atas kkiri untuk memunculkan menu ini. Akan ada pilihan:
  • Check in, untuk menandai lokasi kita saat ini
  • SOS, sebagai pemberitahuan urgent tentang posisi kita. Fitur ini berguna untuk kita yang sering kebingungan di satu area, entah itu akibat diculik para penyamun (lebay..... :)) atau karena kita memang tidak tahu medan. Atau bisa juga untuk menemukan pasangan kencan kita (daripada misscall kan?)
 
  • Quick Message, untuk mengirimkan pesan singkat. Yah, walaupun nggak terlalu singkat juga sih. Fitur ini memuat pesan yang tidak terbatas karakter hurufnya. Bahkan bisa jauh lebih banyak dibanding sms. Hanya saja, masak sih kita mau ngirim puisi disini (kenapa tidak?)
 

Untuk pengaturan lain, kita bisa melihat 
  • Messages, history perpesanan yang tersimpan di semacam inbok dengan tampillan chat style, lengkap dengan jam berapa kita kirim atau terima pesan tersebut.
  • My Family, berisi orang-orang yang kita daftar sebagai anggota keluarga (ataupun bisa juga yang dianggep keluarga)
  • Safe Zones, yang berisi lokasi-lokasi yang kita perbolehkan mereka berada. Misalnya sekolah dsb. Untuk pengaturan ini, kita akan dibawa ke mapping dengan radius yang bisa kita atur sendiri dari 76m sampai 9935km. Sehingga kita bisa tahu apakah mereka dalam posisi aman atau posisi bahaya.

  • Unsafe Zones, yang berisi kebalikan dari safe zones tersebut. Pengaturannya pun sama.

Panggilan/pantauan Eksklusif
Jika kita melihat perlunya pantuan khusus terhadap satu orang anggota keluarga atau pasangan yang terindikasikan selingkuh, maka kita bisa segera secara eksklusif memantaunya. Dari map utama, klik contact yang mau kita pantau sampai muncul menu seperti dalam gambar. Disini terdapat fitur-fitur:
  • Call, menelpon. Menu ini akan membawa kita ke menu calling di ponsel
  • Track, melacak setiap pergerakannya. Nanti akan terlihat mobilitasnya sejauh mana.
  • Navigate, akan memandu kemana saja bergeraknya. Disini ada 2 pilihan, yaitu menggunakan eksklusif Sygic ataupun cukup menggunakan map. Contoh menggunakan mapping sygic adalah sbb:
  • Geofence

Dari sekian banyaknya fitur yang ditawarkan, ada baiknya jika sekiranya kita sedari awal menyiapkan monitoring family kita agar tidak terjadi hal-hal yang dikhawatirkan dan meresahkan masyarakat kita. Sehingga tidak ada lagi kasus penculikan, penyekapan sampai terjadinya tindak kriminal. Semoga.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.