Ide bisnis via messaging ternyata begitu menggiurkan. Setidaknya ada 14 model bisnis via messaging yang bisa digali potensinya. Apa saja?
Awalnya messaging (SMS) hanya dari person to person (orang ke orang) yang sederhananya hanya berisi plain teks biasa. Trend berkirim pesan ini terus popular seiring dengan dibukanya SMS lintas operator pada Mei 2001. Adanya penambahan gambar (EMS alias picture messaging) menjadi pemicu berikutnya sehingga inovasi berkirim pesan berkembang pesat.
Kini orang tak lagi memanfaatkan SMS untuk berkirim pesan saja. Adanya teknologi SMS push memungkinkan konsumen me-minta layanan yang disediakan oleh operator dan content provider. Contohnya pelanggan cukup mengirim SMS push ke nomor terten-tu dengan key code yang telah ditentukan untuk meminta layanan yang ditawarkan content. Operator juga menyediakan SMS alert yang sewaktu-waktu dikirim ke nomor pelanggan untuk sebuah layanan yang telah disepakati, misalnya SMS Quiz.
Saat ini pola SMS marketing menurut R.Bragg dan S.Willis dalam ulasan SMS in the Business Market dibagi menjadi 3 bagian yaitu pertama: Push Campaign. Model ini biasanya lebih sebagai SMS yang digunakan perusahaan yang bekerja sama dengan con¬tent dan operator untuk mengingatkan pelanggan pada program tertentu, misalnya jika ada event, janji, atau tagihan. SMS push compaign ini lebih mirip dengan machine to person SMS yaitu konsep messaging yang digunakan untuk berkomunikasi dengan staff dalam satu perusahaan dan customer.
Kedua Pull Campaign yaitu SMS yang diminta langsung oleh pelanggan. Contoh model layanan ini instant game, ringtone dan logo, serta informasi perjalanan seperti jad-wal kereta dan pesawat terbang. Ketiga adalah Ongoing Dialogue, yaitu SMS yang dikirim langsung oleh pengguna yang sifat-nya interaktif. Contoh dari model ini adalah quiz, games, polling dan voting.
Sedangkan dalam perkembangannya SMS marketing ini dikategorikan dalam 2 kategori utama yaitu person to person (P2P). Mode P2P atau orang ke orang ini diperki-rakan tahun depan akan menjadi trend bisnis messaging yang paling ampuh. Misalnya untuk menjual barang Anda tak perlu lagi beriklan di koran, tapi cukup menghubungi content tertentu yang menyediakan broad-cast untuk mengirim pesan iklan Anda. Adanya MMS dan Video yang berjalan pada ponsel memungkinkan bisnis messaging juga lebih menarik dan interaktif.
Kategori kedua adalah Machine to Machine Telemetry (M2P). Mode M2P ini lebih ditekankan kepada efisensi dan efektifi-tas kerja antar perusahaan. Misalnya untuk mengukur manajemen persediaan, monito¬ring kerja produksi, sistem parkir dan lain-lain.
Dari pembagian kategori tersebut ada 14 ide paling menarik yang bisa dikembangkan dan menjadi model bisnis messaging yang menguntungkan.
Discount Coupon!
Produk-produk branded bisa memanfaatkan layanan ini. Mall, butik, dan salon kemungkinan akan sangat berharap dari frekuensi pelanggan yang menerima pesan berupa diskon kupon berbelanja pada layar ponsel mereka.
Farmer Weather Announcement
Para petani termasuk yang paling mengharapkan layanan messaging online ini. Informasi cuaca yang diterima akan sangat membantu petani untuk melihat gangguan apa saja yang dihadapi sebelum masa panen.
Company-wide SMS Tool
Sebuah perusahaan besar tentunya akan sangat efisien jika mereka bisa menginfor-masikan program ker¬ja pada ribuan kar-yawan. Contoh paling bagus adalah pada perusahaan farmasi dan asuaransi, ribuan tenaga sales tentunya akan sangat membu-tuhkan informasi yang dapat meningkatkan kinerja mereka. Dukungan broadcast mes¬saging sangat membantu.
Traffic Alert and Updates
Informasi lalu lintas terkini. Layanan ini bisa menjadi alternatif masyarakat ibukota untuk mengetahui kondisi lalu lintas terkini. Adanya fitur video streaming dan Location Based Serviced (LBS) menjadi kunci sukses layanan ini.
Suburban Policing Notices
Besarnya tingkat kriminalitas di kota besar menuntut kebutuhan akan rasa aman semakin besar. Dengan adanya SMS alert mengenai keadaan di beberapa tempat, tidak hanya informasi tingkat kriminalitas tapi juga peraturan dan event-event pemerintah daer-ah setempat akan sangat menarik pelanggan yang peduli dengan kotanya.
SMS Treasure Hunt
Model treasure hunt (berburu harta karun) ini sangat pas digunakan untuk sebuah com¬munity place yang "hidup", mobile, dan suka dengan hal-hal baru. Selain dengan SMS, MMS pun bisa dian-dalkan. Lingkungan cafe to cafe atau campus to campus bisa diterapkan pada komunitas ini.
SMS Confessions
Layanan rohani mungkin bisa menjadi alternatif yang baik bagi sebagian orang yang membutuhkan ketenangan dan bimbingan dalam hidupnya. Saat ini layanan Manajemen Qalbu menjadi pelopor di jalur ini.
Weight Loss Program
Hidup sehat dan fit. Layanan bugar dan sehat ini juga bisa disampaikan via pesan. Pemantauan aktifitas berolahraga bisa diper-oleh dari sini. Apalagi jika didukung dengan MMS maka anda bisa mengikuti langkah-langkahnya.
Credit Card Fraud Prevention
Notifikasi dengan SMS untuk meng-ingatkan limit yang tersisa pada credit card atau mengetahui billing tagihan cukup dilakukan dengan mes¬saging alert. Saat ini baru Citibank credit card yang sudah mengadopsi layanan ini.
Web Server Monitoring
Sebuah perusahaan teknologi informasi besar maupun departemen IT pada sebuah perusahaan membu¬tuhkan sebuah monito¬ring online pada server perusahaan untuk me¬ngetahui apa saja yang bisa dikendalikan ketika terjadi gangguan pada server.
Retail Updating Detail
Penawaran program-program promosi bisa dilakukan hanya dengan mengirimnya via broadcast kepada para pelanggan. Para retailer tak perlu lagi mengirimkan brosur-brosur promosi, tapi cukup mengirimnya via MMS.
Selling and Buying
Transaksi jual beli dimungkinkan hanya dengan mengirim image sebesar 8 kb untuk sebuah MMS berisi pro-duk yang akan dijual. Bahkan memungkinkan dikirim via video hingga penawaran penjualan menjadi lebih menarik. Konsep ini juga dapat digunakan pada transaksi surat-surat berhar-ga seperti saham dan sekuritas.
Entertainment Plus Details
Layanan promosi online untuk musik, film, dan berita selibriti dalam format MMS (table 1). Semua dapat dikirim kepada pelanggan de¬ngan melengkapi trailer yang ditawarkan beserta kupon diskon.
Tourism and Travel
Notifikasi tempat-tempat wisata, layanan transportasi, hotel dan paket perjalanan menja¬di nilai lebih layanan ini. Anda mungkin tak perlu lagi repot-repot mela-kukan konfirmasi perjalanan wisata, hanya dengan notifikasi SMS maupun MMS hari liburan Anda menjadi lebih nyaman.
Labels Cloud
Popular Posts
-
5300 kadangkala memang suka ngehang. Salah satu faktornya adalah adanya program atau aplikasi yang tidak sesuai dengan mesin. Atau juga kare...
-
Belum lama ini, Telkomsel sudah melakukan uji coba layanan video call untuk umum. Meskipun masih terbatas hanya untuk pelangan tertentu, nam...
-
Ada beberapa paktor penyebab kerusakan Bluetooth. Misalnya terlalu banyak aplikasi seperti game, lagu Mp3, atau file lain di hape kita, sehi...
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "