Pages

Gara-gara Teledor Bluetooth Jadi Error

Ada beberapa paktor penyebab kerusakan Bluetooth. Misalnya terlalu banyak aplikasi seperti game, lagu Mp3, atau file lain di hape kita, sehingga membuat system memori internal menjadi crash dan rusak. Kalau kejadiannya kayak gini, yang masalah di software Bluetooth-nya.

Hal lain bisa juga karena terlalu sering koneksi internet menggunakan Bluetooth. Ini menyebabkan kerusakan hardware atau komponen dari modul Bluetooth di hape kita. Misalnya usianya yang sudah tua. Atau bisa juga karena unsolder pada komponen rangkaian Bluetooth-nya.

Untuk mengecek apakah Bluetooth kita lagi masalah atau nggak bisa dilihat pada beberapa kasus. Misalnya, koneksi Bluetooth sering gagal dan terputus. Atau pada saat kita mengaktifkan Bluetooth, hape menjadi hang atau macet total. Atau Bluetooth tidak bisa diaktipkan, meskipun kita sudah coba berkali-kali.

Kita juga bisa mengecek masalah nggaknya Bluetooth kita dnegan coba membuka menu gallery pada hape. Kalau tidak bisa, berarti ada masalah. Atau saat Bluetooth diaktifkan, hape bisa me-restart sendiri. Dalam kasus tertentu, malah hape bisa mati total. Cek juga apakah hape cepat panas atau boros batere, karena bisa jadi ada korsleting pada Bluetooth.

Untuk mengurangi resiko kerusakan Bluetooth ada beberapa cara. Pertama, usahakan tidak mengaktifkan Bluetooth di lingkungan ramai, seperti di mall atau tempat umum karena Bluetooth merupakan media paling mudah masuknya virus hape.

Jika terdapat pesan masuk masuk melalui Bluetooth yang tidak jelas, segera hapus dan jika tidak bisa dihapus matikan hape kemudian hidupkan kembali. Bisa jadi itu virus atau aplikasi pengintai untuk mengetahui isi sms atau data-data yang ada di hape kita. Usahakan juga kita tidak terlalu sering makai Bluetooth untuk koneksi internet.

LANGKAH-LANGKAH

Untuk Bluetooth yang rusak, kita bisa melakukan langkah berikut. Pertama kita harus cek apakah Bluetooth kita punya masalah di software-nya. Kasus yang dipakai di sini adalah Nokia N70.

1. Cek Pengaturan Pada Bluetooth (Tampil ke semua)
2. Lakukan Master Reset dari hape tersebut dengan menekan tombol *#7370#. Hati-hati melakuan ini karena resiko data hilang di hape. Jika hape minta Kode ketik 12345. Jika kode tidak diterima berarti harus diformat dengan menggunakan komputer atau box flasher.
3. Jika diformat tetap tidak bisa, coba lakukan flashing pada Bluetooth.
4. Jika tetap tidak bisa flashing pada program hape itu, besar kemungkinan kerusakan ini disebabkan oleh hardware atau komponennya.

OLUSI HARDWARE

1. Cek kondisi komponen di area modul Bluetooth apakah terdapat korosi (karat air). Jika kotor bersihkan dengan cairan IPA (alkohol)
2. Cek komponen dibawah ini.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.