Pages

Setting Videocall, Layanan 3G Telkomsel

Belum lama ini, Telkomsel sudah melakukan uji coba layanan video call untuk umum. Meskipun masih terbatas hanya untuk pelangan tertentu, namun uji coba ini menunjukkan keseriusan Telkomsel dalam menyediakan layanan 3G sejak operator terbesar itu mendapatkan lisensi dari pemerintah.
Saat ini Telkomsel baru membatasi testingnya hanya pada daerah tertentu, seperti di Jakarta. Itu pun daerah-daerah yang memang network 3G-nya memungkinkan, kayak kawasan segitiga emas Jakarta (Sudirman, Thamrin dan Kuningan). Secara bertahap, Telkomsel akan memperluas testing ke wilayah lainnya.
AKTIFKAN KARTU
Bagi pengguna Telkomsel (pascabayar maupun prabayar) yang berminat jadi beta tester caranya gampang. Yang pertama kita harus mengaktifkan kartu kita. Caranya cukup ketik 3G, terus dikirim ke 3636. Nanti kita dapat balasan “Layanan 3G Anda sudah terdaftar dan dapat digunakan dalam 30 hari.”

Urusan SMS ini kemaren sempat bikin problem. Masalahnya, Telkomsel ngasih tarif premium untuk SMS ini, yakni Rp 600 per SMS. Padahal operator tersebut belum melakukan Uji Laik Operasi (ULO) untuk layanan 3G-nya. Mestinya, Telkomsel dinilai tidak boleh nge-charge tarif SMS-nya sebagai tarif premium.
SETTING LEWAT SMS
Setelah kartu kita diaktifkan, nggak berarti kita sudah bisa menikmati layanan 3G Telkomsel. Kita masih harus melakukan setting terhadap hape kita. Telkomsel sendiri sebetulnya sudah ngasih layanan setting hape lewat SMS, seperti halnya setting GPRS atau MMS. Caranya, cukup ketik merek hape dan tipe hape (contoh: NOKIA N70), terus kirim ke 3636.

Hapenya sendiri tentu yang udah support 3G. Kalau nggak percuma saja. Bahkan untuk layanan video call, hapenya mesti punya dua kamera. Selain hape kita, hape lawan juga harus support fitur video calling.
SETTING MANUAL
Selain lewat SMS, kita juga bisa setting secara manual. Yang kita pakai untuk kasus ini adalah hape Nokia. Untuk memastikan hape kita siap untuk 3G dapat kita lihat di menu Tools > Setting > Network. Papstikan UMTS atau WCDMA network yang terpilih.

Jika jaringan di area tersebut sudah 3G ready, maka pada menu stand-by akan otomatis indicator sinyal yang berbentuk antena akan berubah menjadi “3G”. Setelah itu, berarti menu video call akan langsung aktif.

Jika setting ini selesai, maka kita sudah bisa menikmati layanan video call dari Telkomsel. Memang karena masih beta tester, dan kamera sekunder yang ada di hape kita kelasnya masih VGA, maka hasil video call-nya belum terlalu maksimal. Tapi dengan makin canggihnya hape 3G pada masa mendatang dan penyempurnaan jaringan 3G dari operator, diharapkan kualitas layanan ini akan semakin baik.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.